Kamis, 27 September 2012

Let's talk about  S.O.N.G.K.E.T

Sebenarnya sih blog ini buat jualan kain tradisional Indonesia kyk SONGKET, ULOS, dll.. Tapiiiii..sebagai wrga Indonesia yang baik kita knalan dulu ma warisan nenek moyang kite :) :)
Apa sih Songket itu?? Asal-usulnya Songket bagaimane mpok?? Kenapa jg Songket digemari w
alaupun harganya yg tkenal mehonggg cyiiiiinnn.. ada variasi warna ga?motif2?stop kita bahas dulu..yukkz

Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang.

Kata songket berasal dari istilah sungkit dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, yang berarti "mengait" atau "mencungkil". Istilah menyongket berarti ‘menenun dengan benang emas dan perak’. Menurut tradisi, kain songket hanya boleh ditenun oleh anak dara atau gadis remaja; akan tetapi kini kaum lelaki pun turut menenun songket. Motif Saik Kalamai, Buah Palo, Barantai Putiah, Barantai Merah, Tampuak Manggih, Salapah, Kunang-kunang, Api-api, Cukie Baserak, Sirangkak, Silala Rabah, dan Simasam adalah khas songket Pandai Sikek, Minangkabau.

Engg ing engggg, cukup penjelasannya yupp.. Songket kini dengan digunakannya benang emas sintetis. Di masa kini, untuk kaum perempuannya songket dililitkan sebagai kain sarung yang dipadu-padankan dengan kebaya atau baju kurung.

1 komentar:

  1. saya boleh minta contact personnya nggak,, ada penawaran kerjasama yang mau saya ajukan, terimakasih

    BalasHapus